RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMK N 1 LAHAT
Mata
pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/semester : XI/(satu)
Materi
Pokok : Perkembangan Kolonialisme-Imperialisme
di Indonesia
Sub
Pokok Bahasan : Lahirnya
kolonialisme-imperialisme barat (eropa) di indonesia
Alokasi
Waktu : 4 X
45 Menit ( 2x pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan (Disipilin, jujur, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai resfonsid dan
proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menetapkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseftual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah kongret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
KompetensiDasar
|
1.
|
1.1 Menghayati nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju
kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
2.
|
2.1 Mengembangkan nilai dan
perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan
para pejuang dalam melawan penjajahan
|
3.
|
3.1. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator pencapaian
kompetensi:
3.1.1. Menganalisis lahirnya
kolonialisme-imperialisme barat
3.1.2.
Menganalisis
Proses masuk dan perkembangan kolonialisme dan imperialism Barat
di Indonesia
3.1.3.
Menganalisis
masuknya bangsa portugis ke Indonesia
3.1.4.
Menganalisis
masuknya bangsa spanyol ke Indonesia
3.1.5.
Menganalisis
masuknya bangsa belanda ke indonesia
|
4
|
4.1. Berlaku jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
4.1.1. membuat karya
tulis tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme
Barat di Indonesia.
|
C.Tujuan
pembelajaran
- dengan
membaca buku teks sejarah peserta didik dapat memahami lahirnya
kolonialisme-imperialisme barat secara jujur dan bertanggung jawab.
- Dengan
mentelaah buku teks sejarah peserta didik dapat memahami
kolonialisme-imperialisme barat (eropa) di Indonesia dengan jujur.
- Dengan
mentelaah buku teks sejarah peserta didik dapat memahami masuknya bangsa
portugis ke Indonesia dengan bertanggung jawab.
- Dengan
membaca buku teks sejarah peserta didik dapat memahami masuknya bangsa
spanyol ke Indonesia dengan bertanggung jawab dan jujur.
- Dengan
mentelaah buku teks sejarah peserta didik dapat memahami masuknya bangsa
belanda ke Indonesia secara jujur.
D. Materi pembelajaran.
·
Lahirnya
kolonialisme-imperialisme barat
·
Kolonialisme-imperialisme
barat (eropa) di indonesia
·
Masuknya
bangsa portugis ke Indonesia
·
Masuknya
bangsa spanyol ke Indonesia
·
Masuknya
bangsa belanda ke Indonesia
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran:
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Model : Inquiry terbimbing
·
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab,
Penugasan.
F.
Media, alat dan Sumber pembelajaran
-
Buku sumber Sejarah
SMA/SMK X
-
White board/papan flannel
-
Projektor
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran.
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengkondisikan kelas dan suasana kondusif untuk
berlangsungnya pembelajaran
·
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan
dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Orientasi
Masalah ( Mengamati, Menanya)
·
Guru
: guru menyajikan
informasi dengan menjelaskan lahirnya kolonialisme dan
imperialism barat di indonesia.
·
Peserta
didik membaca buku teks tentang lahirnya imperialisme dan kolonialisme Barat di
Indonesia.
·
Peserta
didik menanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang lahirnya kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia.
Pengumpulan data dan
verifikasi (Menanya, mengumpulkan informasi)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang lahirnya kolonialisme dan imperialisme barat di Indonesia.
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan lahirnya kolonialisme
dan imperialisme barat melalui bacaan,
pengamatan terhadap sumber-sumber
yang ada di buku teks sejarah
atau peninggalan-peninggalan
yang ada di lingkungan terdekat.
Pengumpulan data melalui
eksperimen ( Menalar)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang lahirnya kolonialisme dan imperialism barat di Indonesia.
·
Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil analisis dan
kesimpulan tentang lahirnya kolonialisme dan imperialism barat di Indonesia.
Pengorganisasian
dan formulasi eksplanasi (menalar)
·
Guru
memberikan motivasi agar siswa punya semangat dalam mengatasi permasalahan
tentang menganalisis lahirnya kolonialisme dan imperialisme barat di
Indonesia.
·
Peserta
didik menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan
maupun dari sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang lahirnya kolonialisme
dan imperialisme barat di Indonesia.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Siswa diminta menyimpulkan tentang Perkembangan kolonialisme dan
imperialism di Indonesia.
·
Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah disamapikan.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan PR dan menginformasikan
materi pertemuan selanjutnya dan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
·
Teknik dan Bentuk Penilaian
NO
|
Ranah Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Observasi
|
Daftar Skala Penilaian
|
2.
|
Pengetahuan
|
||
3.2. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes Tertulis
|
Mensuplai jawaban (isian/melengkapi)
|
|
3.
|
Keterampilan
|
||
1.1.1. membuat karya
tulis tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme
Barat di Indonesia.
|
Unjuk
kerja
|
Daftar Skala ( 1 - 4 )
|
1.
Penilaian
Sikap
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Responsif
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Nilai Akhir
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
RUBRIK
PENSKORAN SIKAP
Keterangan :
4 = jika
empat indikator terlihat
3 = jika
tiga indikator terlihat
2 = jika
dua indikator terlihat
1 = jika
satu indikator terlihat
Rubrik
penilaian Sikap Responsif :
1. Tertib
mengikuti instruksi
2. Mengerjakan
tugas tepat waktu
3. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
4. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Rubrik
penilaian Sikap Jujur :
1. Tidak menyontek dalam
mengerjakan ulangan
2. Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan
setiap tugas
3. Mengemukakan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
4. Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
Rubrik penilaian Tanggung Jawab :
1. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2. Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Mengembalikan
barang yang dipinjam
4. Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
Rumus
Konversi Nilai,
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Kategori nilai sikap :
· Sangat
baik apabila memperoleh nilai akhir 4
· Baik
apabila memperoleh nilai akhir 3
· Cukup
apabila memperoleh nilai akhir 2
· Kurang
apabila memperoleh nilai akhir 1
2.
Penilaian
Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.1.Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1. Menganalisis lahirnya
kolonialisme-imperialisme barat
3.1.2.
Menganalisis
Proses masuk dan perkembangan kolonialisme dan imperialism Barat
di Indonesia
3.1.3.
Menganalisis
masuknya bangsa portugis ke Indonesia
3.1.4.
Menganalisis
masuknya bangsa spanyol ke Indonesia
3.1.5.
Menganalisis
masuknya bangsa belanda ke indonesia
|
1.Siswa dapat menuliskan tiga
factor yang mendorong bangsa eropa datang ke Negara timur.
2.siswa dapat menjelaskan yang
dimaksut dengan gold, gospel dan glory.
3.siswa dapat menjelaskan
pengertian kolonialisme-imperialisme.
4.siswa dapat menuliskan factor
pemicu jatuhnya kota konstantinopel.
5.Siswa dapat menuliskan nama
pelaut dari portugis yang datang ke Indonesia pada tahun (1453-1515)
|
Tes Tertulis
|
1.Tuliskanlah tiga faktor yang mendorong bangsa Eropa
datang ke negara timur!
2.Tuliskan
apa yang dimaksut dengan gold, gospel, dan glory.
3.Apa yang dimaksud dengan Kolonialisme-Imperialisme?
4.Tuliskanlah faktor pemicu jatuhnya kota Konstatinopel
5.Tuliskan
nama pelaut dari portugis yang datang ke Indonesia pada tahun (1453-1515)?
|
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Pengetahuan
a.
Rubrik
Penyajian masa praaksara dan prasejarah
No.
|
Nama Siswa/
Kelompok
|
Factor yang mendorong bangsa eropa datang kenegara
timur
|
Pengertian gold, gospel dan glory
|
Yang
dimaksut dengan kolonialisme-imperialisme
|
Penyebab jatuhnya kota konstantinopel
|
Nama pelaut portugis yg ke Indonesia pada tahun (1453-1515)
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
1
|
1
|
|||
1
2
3
4
5
|
||||||||||||
Keterangan.
b.
Rubrik
Penyajian perkembangan kolonialisme dan imperialism.
c. Indikator penilaian pengetahuan
1) Factor yang
mendorong bangsa eropa datang ke Negara timur
a) Jika
menjawab 3 faktor bangsa eropa datang ke Negara timur dengan benar skor 3
b) Jika
menjawab 2 faktor bangsa eropa datang ke Negara timur dengan benar skor 2
c) Jika
menjawab 1 faktor bangsa eropa datang ke Negara timur dengan benar skor 1
d) Jika salah
jawabannya skor 0
2) Pengertian
gold, gospel, dan glory.
a) Jika
menjawab 3 pengertian gold,gospel dan glory dengan benar skor 3
b) Jika
menjawab 2 pengertian dengan benar skor 2
c) Jika
menjawab 1 pengertian dengan benar skor 1
d) Jika salah
jawabannya skor 0
3) Pengertian
kolonialisme-imperialisme
a) Jika menjawab
2 pengertian kolonialisme-imperialisme dengan benar skor 2
b) Jika
menjawab 1 pengertian dengan benar skor 1
c) Jika salah
jawabannya skor 0
4) Penyebab
jatuhnya kota konstantinopel
a). jika
menjawab penyebab jatuhnya kota konstantinopel dengan benar skor 1
b). jika salah jawabannya skor 0
5). Nama pelaut portugis yang datang ke Indonesia
(1453-1515)
a). jika
menjawab namanya dengan benar skor 1
b). jika
salah jawabannya skor 0
Rumus
Konversi Nilai :
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan pada KD yang dipelajari pada bahasan ini menekankan pada saat Siswa menampilkan hasil karya tulis yang
dibuat tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia.
1. Penilaian
Keterampilan.
Keterangan:
Indikator penilaian keterampilan
a. Akurasi
1) Artikel
yang dibuat sesuai secara teori, menarik, dan runtut skor 4
2) Artikel
yang dibuat sesuai teori, menarik, tetapi tidak runtut skor 3
3) Artikel
yang dibuat sesuai secara teori, tetapi kurang menarik dan tidak runtut skor 2
4) Artikel
yang dibuat kurang sesuai secara teori, kurang menarik dan tidak runtut skor 1
b. Kedalaman
1) Artikel memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme barat di
Indonesia dikaji secara mendalam skor 4
2) Artikel
memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia
dikaji cukup mendalam skor 3
3) Artikel memuat
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia dikaji
kurang mendalam skor 2
4) Artikel
memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia dikaji tidak mendalam skor 1
c. Keluasan
1)
Artikel
memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia dikaji
secara luas skor 4
2)
Artikel
memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia
dikaji cukup luas skor 3
3)
Artikel
memuat pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia
dikaji kurang luas skor 2
4) Artikel memuat pertumbuhan dan
perkembangan kolonialisme-imperialisme di Indonesia dikaji tidak luas skor 1
Rumus Konversi Nilai:
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Mengetahui Lahat, Agustus 2015
a.n. Kepala SMK N. 1 Lahat
Guru mata pelajaran
Wakil Bidang Kurikulum
Panyahuti, S.Pd
Nili Lidiah, S.Pd
NIP.197101022007011010 NIP.198106302014082001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMK N 1 LAHAT
Mata
pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/semester : XI/(satu)
Pokok
Bahasan : Perkembangan
Kolonialisme – Imperialisme di Indonesia
Sub
Pokok Bahasan : - VOC (1602-1799)
dan Indonesia pasca VOC
Alokasi
Waktu : 2X45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan (Disipilin, jujur, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai resfonsid dan
proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menetapkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseftual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah kongret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
C.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
KompetensiDasar
|
1.
|
1.2 Menghayati nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju
kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
2.
|
2.2 Mengembangkan nilai dan
perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan
para pejuang dalam melawan penjajahan
|
3.
|
3.2. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
kompetensi dasar:
3.2.1.
Menganalisis
dan memahami sejarah lahirnya VOC
3.2.2.
Menganalisis
kebijakan-kebijakan VOC di indonesia
3.2.3.
Menganalisis
Proses masuk dan perkembangan penjajahan pasca VOC
3.2.4.
Menganalisis
Masuknya pengaruh perancis dan pendudukan inggris di Indonesia.
|
4
|
4.2.
Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.1.2. Mengolah informasi tentang
lahirnya VOC dan sepak terjang tindak tanduk VOC di Indonesia dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
C.Tujuan pembelajaran :
1. Dengan mentelaah buku teks sejarah peserta
didik dapat memahami sejarah
lahirnya Voc dengan
bertanggung jawab.
2. Dengan
membaca buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami sepak terjang atau
tindak-tanduk voc dengan jujur
3. Dengan mentelaah
buku teks sejarah peserta didik dapat menganalisis masuknya pengaruh perancis
dan inggris di indonesia.
D. Materi pembelajaran :
1. VOC (1602-1799)
2. Indonesia pasca VOC
3. Masuknya pengaruh perancis dan
pendudukan inggris
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran:
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Model : Inquiry terbimbing
·
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab
F.
Media, alat dan Sumber pembelajaran
-
Buku sumber Sejarah
SMA/SMK XI
-
White board/papan flannel
-
Projektor
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengkondisikan kelas dan suasana kondusif untuk
berlangsungnya pembelajaran
·
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan
dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
Masalah ( Mengamati, Menanya)
·
Guru
: guru menyajikan
informasi dengan menjelaskan lahirnya VOC dan tindakan-tindakan
yang dilakukan voc di indonesia.
·
Peserta
didik membaca buku teks untuk mengetahui sejarah lahirnya voc dan tindakan-tindakan
yang dilakukan voc di indonesia .
Pengumpulan
data dan verifikasi (Menanya, mengumpulkan informasi)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang lahirnya voc dan tindakan2 yang dilakukan voc di Indonesia.
·
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai sejarah lahirnya voc dan tindakan-tindakan yang
dilakukan voc di Indonesia melalui bacaan, internet, dan sumber-sumber
lainnya.
·
Pengumpulan data melalui
eksperimen ( Menalar)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang sejarah lahirnya voc dan tindakan-tindakan yang dilakukan
voc di Indonesia.
·
Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil analisis dan
kesimpulan tentang sejarah lahirnya
voc dan tindakan-tindakan yang dilakukan voc di Indonesia.
Pengorganisasian
dan formulasi eksplanasi (menalar)
·
Guru
memberikan motivasi agar siswa punya semangat dalam mengatasi permasalahan
tentang menganalisis sejarah lahirnya voc.
·
Peserta
didik Menganalisis informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang lahirnya voc di
Indonesia.Mengomunikasikan:
·
Peserta
didik melaporkan hasil analisis yang telah dilakukan selanjutnya dibuat
laporan dalam bentuk tulisan tentang sejarah lahirnya voc.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Siswa diminta menyimpulkan tentang VOC (1602-1799) dan Indonesia pasca
VOC.
·
Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah disamapikan.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan PR dan menginformasikan
materi pertemuan selanjutnya dan pesan untuk tetap belajar.
|
11
menit
|
b.
Penilaian
·
Teknik dan Bentuk Penilaian
No.
|
Ranah Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Observasi
|
Daftar
Skala Penilaian
|
2.
|
Pengetahuan
|
||
4.2. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Mensuplai
jawaban (isian/melengkapi)
|
|
3.
|
Keterampilan
|
||
4.1.1.Mengolah informasi tentang
lahirnya VOC dan sepak terjang tindak tanduk VOC di Indonesia dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
Unjuk kerja
|
Daftar
Skala ( 1 - 4 )
|
4.
Penilaian
Sikap
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Responsif
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Nilai Akhir
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
RUBRIK PENSKORAN SIKAP
Keterangan :
4 = jika
empat indikator terlihat
3 = jika
tiga indikator terlihat
2 = jika
dua indikator terlihat
1 = jika
satu indikator terlihat
Rubrik
penilaian Sikap Responsif :
5. Tertib
mengikuti instruksi
6. Mengerjakan
tugas tepat waktu
7. Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
8. Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Rubrik
penilaian Sikap Jujur :
1. Tidak menyontek dalam
mengerjakan ulangan
2. Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
3. Mengemukakan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
4. Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
Rubrik penilaian Tanggung Jawab :
5. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
6. Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
7. Mengembalikan
barang yang dipinjam
8. Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
Rumus
Konversi Nilai,
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Kategori nilai sikap :
· Sangat
baik apabila memperoleh nilai akhir 4
· Baik
apabila memperoleh nilai akhir 3
· Cukup
apabila memperoleh nilai akhir 2
· Kurang
apabila memperoleh nilai akhir 1
5.
Penilaian
Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.1.Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1.
Menganalisis
dan memahami sejarah lahirnya VOC
3.1.2.
Menganalisis
kebijakan-kebijakan VOC di indonesia
3.1.3.
Menganalisis
Proses masuk dan perkembangan penjajahan pasca VOC
3.1.4.
Menganalisis
Masuknya pengaruh perancis dan pendudukan inggris di indonesia
|
1.Siswa dapat menuliskan tujuan
dibentuknya VOC?
2. siswa dapat menuliskan tiga
isi hak oktroi pemerintah belanda kepada VOC?
3. siswa dapat menjelaskan apa
yang dimaksut dengan pelayaran hongi?
4. siswa dapat menuliskan
gubernur perancis yang keras dan otoriter?
5. siswa dapat menuliskan isi
perjanjian tuntang?
|
Tes Tertulis
|
1.tuliskan
tujuan dibentuknya VOC?
2.
Tuliskan 3 isi hak oktroi pemerintah belanda kepada VOC?
3.
Tuliskan apa yang dimaksut dengan pelayaran hongi?
4.
Tuliskan gubernur jenderal perancis yang keras dan otoriter?
5.
Tuliskan isi perjanjian tuntang?
|
KUNCI JAWABAN :
1.
Tujuan dibentuknya VOC:
a.
Menghindari terjadinya persaingan yang tidak sehat di antara
kongsi-kongsi dagang belanda
b.
Memperkuat posisi belanda dalam menghadapi persaingan dengan
bangsa2 eropa lainnya
c.
Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia
d.
Membantu pemerintah belanda yang sedang berjuang melawan
pendudukan spanyol.
2.
Tiga isi hak oktroi:
a.
Menjadi wakil sah pemerintah belanda di asia
b.
Melakukan monopoli perdagangan
c.
Mencetak dan mengedarkan uang sendiri.
3.
Pelayaran hongi adalah pelayaran keliling rutin yang
dipersenjatai menggunakan perahu kora-kora yang dimaksutkan untuk memastikan
tidak adanya aktifitas penanaman serta perdagangan gelap atau penyelundupan
cengkeh keluar dari Maluku.
4.
Gubernur perancis yang otoriter yaitu Herman Willem Daendels.
5.
Isi perjanjian tuntang:
a.
Pulau jawa dan sekitarnya (koloni belanda) jatuh ketangan
inggris
b.
Semua tentara yang tadinya merupakan bagian dari pemerintahan
daendels menjadi tentara inggris
c.
Orang-orang belanda dapat dipekerjakan oleh inggris.
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Pengetahuan
a.Rubrik
Penyajian VOC dan Indonesia pasca VOC: masuknya pengaruh perancis dan
pendudukan inggris.
No
|
Nama Siswa/
Kelompok
|
Tujuan dibentuknya VOC
|
Tiga isi hak oktroi belanda kepada inggris
|
Pengertian
pelayaran hongi
|
Menuliskan nama Gubernur perancis yang keras dan otoriter
|
Menuliskan isi perjanjian tuntang
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
1
|
1
|
1
|
2
|
|||
1
2
3
4
5
|
Keterangan.
b.
Rubrik
penyajian tentang VOC.
c. Indikator penilaian pengetahuan
1).Tujuan dibentuknya VOC
e) Jika
menjawab 4 tujuan dibentuknya voc dengan benar skor 4
f) Jika
menjawab 3 tujuan dibentuknya voc dengan benar skor 3
g) Jika
menjawab 2 tujuan dibentuknya voc dengan benar skor 2
h) Jika
menjawab 1 tujuan dibentuknya voc dengan benar skor 1
i) Jika salah
jawabannya skor 0
2).Tiga isi
hak oktroi
e) Jika
menjawab 3 isi hak oktroi dengan benar skor
3
f) Jika
menjawab 2 isi hak oktroi dengan benar skor 2
g) Jika menjawab
1 isi hak oktroi dengan benar skor 1
h) Jika salah
jawabannya skor 0
3).Pengertian pelayaran hongi
d) Jika
menjawab pengertian pelayaran hongi dengan benar skor 2
e) Jika
menjawab 1/5 pengertian pelayaran hongi dengan benar skor 1
f) Jika salah
jawabannya skor 0
4).Menuliskan
nama gubernur perancis yang keras dan otoriter
a). jika
menjawab nama gubernur dengan benar skor 1
b). jika salah jawabannya skor 0
5). Isi
perjanjian tuntang
a). jika
menjawab 3 isi perjajian tuntang dengan benar skor 3
b). jika
menjawab 2 isi perjanjian tuntang dengan benar skor 2
c). jika
menjawab 1 isi perjanjian tuntang dengan benar skor 1
b). jika
salah jawabannya skor 0
Rumus
Konversi Nilai :
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
6. Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan pada KD yang dipelajari pada bahasan ini menekankan pada saat Siswa menampilkan hasil karya tulis yang
dibuat tentang sejarah lahirnya VOC dan sepak terjang tindak
tanduk voc di Indonesia.
Penilaian Keterampilan.
Keterangan:
Indikator penilaian keterampilan
A).Akurasi
1).Artikel yang dibuat sesuai secara teori, menarik,
dan runtut skor 4
2). Artikel yang dibuat sesuai teori,
menarik, tetapi tidak runtut skor 3
3). Artikel yang dibuat sesuai secara teori, tetapi
kurang menarik dan tidak runtut skor 2
4). Artikel yang dibuat kurang sesuai secara teori,
kurang menarik dan tidak runtut skor 1
B).Kedalaman
1).Artikel memuat sejarah
lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk yang voc di Indonesia dikaji
secara mendalam skor 4
2).Artikel memuat sejarah lahirnya voc dan
sepak terjang atau tindak tanduk voc di Indonesia dikaji cukup mendalam skor 3
3).Artikel memuat sejarah lahirnya voc dan
sepak terjang atau tindak tanduk voc di Indonesia dikaji kurang cukup mendalam
skor 2
4).Artikel memuat sejarah lahirnya voc dan
sepak terjang atau tindak tanduk voc di
Indonesia dikaji tidak mendalam skor 1
C).Keluasan
1).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc di Indonesia dikaji secara luas skor 4
2).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk
di Indonesia dikaji cukup luas skor 3
3).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc
di
Indonesia dikaji kurang luas skor 2
4).Artikel
memuat sejarah lahirnyan voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc
di Indonesia dikaji tidak luas
skor 1
Rumus Konversi Nilai:
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Mengetahui Lahat,
Agustus 2015
a.n.
Kepala SMK N. 1 Lahat
Guru mata pelajaran
Wakil Bidang
Kurikulum
Panyahuti,
S.Pd Nili Lidiah, S.Pd
NIP.197101022007011010 NIP.198106302014082001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMK N 1 LAHAT
Mata
pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/semester : XI/(satu)
Pokok
Bahasan : Perkembangan
Kolonialisme-Imperialisme di Indonesia
Sub
pokok bahasan : Masa kekuasaan
belanda kedua ( 1816-1942)
Alokasi
Waktu : 2X45 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan (Disipilin, jujur, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai resfonsid dan
proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menetapkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseftual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah kongret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
KompetensiDasar
|
1.
|
1.3 Menghayati nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju
kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
2.
|
2.3 Mengembangkan nilai dan
perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan
para pejuang dalam melawan penjajahan
|
3.
|
3.3. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
kompetensi dasar:
4.2.1.
Menganalisis
Perubahan, dan keberlanjutan dalam
peristiwa sejarah pada masa kekuasaan belanda kedua (1816-1942)
4.2.2.
Menganalisis
kebijakan tanam paksa ( cultuurstelsel) yang dilaksanakan oleh pemerintah belanda di
Indonesia
4.2.3.
Menganalisis
kebijakan pintu terbuka yang dilakukan pemerintah belanda di Indonesia
4.2.4.
Menganalisis
politik etis oleh pemerintah belanda di Indonesia.
|
4
|
4.3.Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.1.1.
Mengolah
informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan
Bangsa Barat di Indonesia pada masa kekuasaan belanda kedua,dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah.
|
C.Tujuan pembelajaran :
1.
Dengan membaca buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami
kebijakan tanam paksa dengan bertanggung jawab.
2.
Dengan mentelaah buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami
kebijakan pintu terbuka secara jujur.
3.
Dengan membaca buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami
tentang politik etis dengan jujur.
D.Materi
pembelajaran :
1. Kebijakan tanam paksa
2. kebijakan pintu terbuka
3. politik etis.
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran:
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Model : Inquiry terbimbing
·
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab
F.Media, alat dan Sumber pembelajaran
-
Buku sumber Sejarah
SMA/SMK XI
-
White board/papan flannel
-
Projektor
G.Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengkondisikan kelas dan suasana kondusif untuk
berlangsungnya pembelajaran
·
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan
dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
Masalah ( Mengamati, Menanya)
·
Guru
: guru menyajikan
informasi dengan menjelaskan kebijakan tanam paksa, kebijakan
pintu terbuka dan politik etis.
·
Peserta
didik Membaca buku teks sejarah untuk mengetahui kebijakan tanam paksa,
kebijakan pintu terbuka dan politik etis oleh belanda di indonesia.
·
Peserta
didik menanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kebijakan tanam paksa,
kebijakan pintu terbuka dan politik etis oleh belanda di indonesia.
Pengumpulan data dan
verifikasi (Menanya, mengumpulkan informasi)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang kebijakan tanam paksa, kebijakan pintu terbuka dan politik
etis oleh belanda di indonesia.
·
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai kebijakan tanam paksa, kebijakan pintu terbuka dan
politik etis melalui bacaan, internet, dan sumber-sumber lainnya.
·
Pengumpulan data melalui
eksperimen ( Menalar)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang kebijakan tanam paksa, kebijakan pintu terbuka dan politik
etis oleh belanda di indonesia.
·
Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil analisis dan
kesimpulan tentang kebijakan tanam
paka, kebijakan pintu terbuka dan politik etis oleh belanda di Indonesia.
Pengorganisasian dan
formulasi eksplanasi (menalar)
·
Guru
memberikan motivasi agar siswa punya semangat dalam mengatasi permasalahan
tentang kebijakan tanam paksa, pintu terbuka dan politik etis oleh belanda di
indonesia.
·
Peserta
didik Menganalisis informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kebijakan tanam paksa,
pintu terbuka dan politik etis oleh belanda di indonesia.
·
Peserta
didik melaporkan hasil analisis yang telah dilakukan selanjutnya dibuat
laporan dalam bentuk tulisan tentang kebijakan tanam paksa, pintu terbuka dan
politik etis oleh belanda di indonesia.
|
70 menit
|
|
Penutup
|
·
Siswa diminta menyimpulkan tentang masa kekuasaan belanda kedua (
1816-1942)
·
Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah disamapikan.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan PR dan menginformasikan
materi pertemuan selanjutnya dan pesan untuk tetap belajar.
|
12
menit
|
|
H.Penilaian
·
Teknik dan Bentuk Penilaian
No.
|
Ranah Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Observasi
|
Daftar
Skala Penilaian
|
2.
|
Pengetahuan
|
||
4.2. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Mensuplai
jawaban (isian/melengkapi)
|
|
3.
|
Keterampilan
|
||
4.1.1. Mengolah informasi
tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat
di Indonesia pada masa kekuasaan belanda kedua,dan menyajikannya dalam bentuk
cerita sejarah.
|
Daftar
Skala ( 1 - 4 )
|
I.
Penilaian
Sikap
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Responsif
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Nilai Akhir
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
RUBRIK PENSKORAN SIKAP
Keterangan :
4 = jika
empat indikator terlihat
3 = jika
tiga indikator terlihat
2 = jika
dua indikator terlihat
1 = jika
satu indikator terlihat
Rubrik
penilaian Sikap Responsif :
1.Tertib mengikuti instruksi
2.Mengerjakan
tugas tepat waktu
3.Tidak melakukan
kegiatan yang tidak diminta
4.Tidak membuat
kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Rubrik
penilaian Sikap Jujur :
1. Tidak menyontek dalam
mengerjakan ulangan
2. Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
3. Mengemukakan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
4. Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
Rubrik penilaian Tanggung Jawab :
1. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2. Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
3. Mengembalikan
barang yang dipinjam
4. Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
Rumus
Konversi Nilai,
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Kategori nilai sikap :
· Sangat
baik apabila memperoleh nilai akhir 4
· Baik
apabila memperoleh nilai akhir 3
· Cukup
apabila memperoleh nilai akhir 2
· Kurang
apabila memperoleh nilai akhir 1
- Penilaian Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.1.Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1. Menganalisis Perubahan, dan
keberlanjutan dalam peristiwa sejarah
pada masa kekuasaan belanda kedua (1816-1942)
3.1.2. Menganalisis kebijakan tanam
paksa ( cultuurstelsel) yang
dilaksanakan oleh pemerintah belanda di Indonesia
3.1.3. Menganalisis kebijakan pintu
terbuka yang dilakukan pemerintah belanda di Indonesia
3.1.4. Menganalisis politik etis
oleh pemerintah belanda di Indonesia.
3.1.5. Menganalisis politik etis
oleh pemerintah belanda di Indonesia
|
1.Siswa dapat menuliskan tugas
utama Johannes van den bosch untuk menyelamatkan negeri belanda dari krisis
ekonomi.
2. siswa dapat menuliskan tujuan
dikeluarkannya undang2 agraria.
3. siswa dapat menuliskan tujuan
undang2 gula.
4. siswa dapat menuliskan 3
contoh perkebunan milik swasta asing yang ada di Indonesia.
5. siswa dapat menuliskan isi
dari trias van Deventer.
|
Tes Tertulis
|
1. Tuliskan tugas utama Johannes van den bosch untuk
menyelamatkan negeri belanda dari krisis ekonomi?
2. Tuliskan
tujuan dikeluarkannya undang-undang agraria?
3. Tuliskan
tujuan undang2 gula?
4. Tuliskan
3 contoh perkebunan milik swasta asing yang ada di Indonesia?
5. Tuliskan
isi dari trias van Deventer?
|
KUNCI JAWABAN :
1. Tugas
utamanya adalah menggali dana semaksimal mungkin untuk menyelamatkan Negara
dari kebangkrutan.
2. Tujuan
dikeluarkannya uu agraria:
a.
Melindungi hak milik petani atas tanahnya dari
penguasa dan pemodal asing
b.
Memberi peluang kepada pemodal asing untuk menyewa tanah dari penduduk Indonesia
seperti dari inggris, belgia, AS, jepang, cina dll.
c.
Membuka kesempatan kerja kepada penduduk untuk
menjadi buruh perkebunan.
3. Tujuan
undang-undang gula adalah memberikan kesempatan yang lebih luas kepada para
pengusaha gula untuk mengambil alih pabrik-pabrik gula milik pemerintah.
4. Contoh
Perkebunan milik swasta asing yang ada di Indonesia antara lain: perkebunan
tembakau, perkebunan tebu dan perkebunan karet.
5. Isi
trias van Deventer yang meliputi: irigasi, migrasi, dan edukasi.
Instrumen dan Rubrik Penilaian
Pengetahuan
d.
Rubrik
Penyajian masa kekuasaan belanda kedua (1816-1942)
No
|
Nama Siswa/
Kelompok
|
Tugas utama Johannes van den bosch
|
Tujuan
dikeluarkannya uu agraria
|
Tujuan
undang2 gula
|
Tiga contoh perkebunan milik swasta asing yang ada di indonesia
|
Isi trias van deventer
|
||||||
1
|
1
|
2
|
3
|
1
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
2
3
4
5
|
Keterangan.
c. Rubrik penyajian tentang VOC.
d. Indikator penilaian pengetahuan
1).Tugas utama Johannes van den bosch untuk menyelamatkan Negara belanda
dari krisis ekonomi.
a). Jika menjawab 1 tugas utama Johannes van den
bosch dengan benar skor 1
b). Jika salah jawabannya skor 0
2). Tujuan dikeluarkannya undang-undang agraria
i) Jika
menjawab 3 tujuan uu agraria dengan benar skor
3
j) Jika
menjawab 2 tujuan uu agraria dengan benar skor 2
k) Jika
menjawab 1 tujuan uu agraria dengan benar skor 1
l) Jika salah
jawabannya skor 0
3). Tujuan undang-undang gula
g) Jika menjawab
1 tujuan uu gula dengan benar skor 1
h) Jika salah
jawabannya skor 0
4). Tiga contoh perkebunan milik swasta
asing yang ada di indonesia
a). jika
menjawab 3 contoh perkebunan dengan benar skor 3
b). jika
menjawab 2 contoh perkebunan dengan benar skor 2
c). jika
menjawab 1 contoh perkebunan dengan benar skor 1
b). jika salah jawabannya skor 0
5). Isi trias van deventer
a). jika
menjawab 3 isi perjajian trias van Deventer dengan benar skor 3
b). jika
menjawab 2 isi perjanjian trias van Deventer dengan benar skor 2
c). jika
menjawab 1 isi perjanjian trias van Deventer dengan benar skor 1
b). jika
salah jawabannya skor 0
Rumus
Konversi Nilai :
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
- Penilaian Keterampilan
Penilaian
keterampilan pada KD yang dipelajari pada bahasan ini menekankan pada saat Siswa menampilkan hasil karya tulis yang
dibuat tentang masa kekuasaan belanda kedua (1816-1942).
Indikator penilaian keterampilan
A).Akurasi
1). Artikel yang dibuat sesuai secara teori,
menarik, dan runtut skor 4
2). Artikel
yang dibuat sesuai teori, menarik, tetapi tidak runtut skor 3
3). Artikel
yang dibuat sesuai secara teori, tetapi kurang menarik dan tidak runtut skor 2
4). Artikel yang dibuat kurang sesuai secara teori,
kurang menarik dan tidak runtut skor 1
B).Kedalaman
1).Artikel memuat masa kekuasaan
belanda kedua di Indonesia dikaji secara mendalam skor 4
2).Artikel memuat masa kekuasaan belanda
kedua di Indonesia dikaji cukup mendalam skor 3
3).Artikel memuat sejarah lahirnya voc dan
sepak terjang atau tindak tanduk voc di Indonesia dikaji kurang cukup mendalam
skor 2
4).Artikel memuat sejarah lahirnya voc dan
sepak terjang atau tindak tanduk voc di
Indonesia dikaji tidak mendalam skor 1
C).Keluasan
1).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc di Indonesia dikaji secara luas skor 4
2).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk
di Indonesia dikaji cukup luas skor 3
3).Artikel
memuat sejarah lahirnya voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc
di Indonesia dikaji kurang luas skor 2
4).Artikel
memuat sejarah lahirnyan voc dan sepak terjang atau tindak tanduk voc
di Indonesia dikaji tidak luas
skor 1
Rumus Konversi Nilai:
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Mengetahui Lahat,
Agustus 2015
a.n.
Kepala SMK N. 1 Lahat
Guru mata pelajaran
Wakil Bidang
Kurikulum
Panyahuti,
S.Pd Nili Lidiah, S.Pd
NIP.197101022007011010 NIP.198106302014082001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah : SMK N 1 LAHAT
Mata
pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/semester : XI/(1)
Pokok
bahasan : Perlawanan
terhadap kolonialisme sebelum lahirnya kesadaran
Nasional
Sub
Pokok Bahasan : Berbagai kebijakan
pemerintah kolonial yang memicu perlawanan
lokal
Alokasi
Waktu : 2X45 Menit
Pertemuan : Ke- 4
A. Kompetensi Inti (KI)
:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan (Disipilin, jujur, tanggung jawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai resfonsid dan
proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta menetapkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseftual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengelola, menalar dan menyaji dalam ranah kongret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
KompetensiDasar
|
1.
|
1.4 Menghayati nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju
kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
2.
|
2.4 Mengembangkan nilai dan
perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan
para pejuang dalam melawan penjajahan
|
3.
|
3.4. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
kompetensi dasar:
3.1.1. Menganalisis berbagai
kebijakan pemerintah belanda sehingga menimbulkan perlawanan local
3.1.2.
Menganalisis kebijakan yang dilakukan portugis di
malaka
3.1.3.
Menganalisis kebijakan VOC dan pemerintah kolonial
belanda
|
4
|
4.3.Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.1.1.
Menulis
sejarah tentang berbagai kebijakan
pemerintah colonial belanda yang memicu perlawanan local
|
C.Tujuan pembelajaran :
- Dengan mentelaah buku teks sejarah peserta didik
dapat Memahami kebijakan yang dilakukan portugis di malaka dengan
bertanggung jawab.
- Dengan membaca buku teks sejarah peserta didik dapat
memahami kebijakan VOC dan pemerintah kolonial belanda dengan jujur dan
bertanggung jawab.
3.
Dengan membaca buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami
dampak-dampak penjajahan yang memicu perlawanan bersenjata terhadap penjajah secara jujur dan bertanggung
jawab.
4.
Dengan mentelaah buku teks sejarah peserta didik dapat Memahami
tentang perjuangan tokoh2 indonesia menentang terhadap penjajahan bangsa barat
yang disajikan dalam bentuk makalah dengan bertanggung jawab.
D.Materi
pembelajaran :
1. kebijakan portugis
2. kebijakan VOC dan pemerintah colonial
belanda
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran:
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Model : Inquiry terbimbing
·
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab
F.Media, alat dan Sumber pembelajaran
-
Buku sumber Sejarah
SMA/SMK XI
-
White board/papan flannel
-
Projektor
G.Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengkondisikan kelas dan suasana kondusif untuk
berlangsungnya pembelajaran
·
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan
dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran
berlangsung.
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
Masalah ( Mengamati, Menanya)
·
Guru
: guru menyajikan
informasi dengan menjelaskan kebijakan yang dilakukan yang
dilakukan portugis dan pemerintah colonial belanda di indonesia.
·
Peserta
didik Membaca buku teks sejarah untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan
portugis dan pemerintah colonial belanda di Indonesia.
·
Peserta
didik menanya untuk mendapatkan klarifikasi tentang kebijakan portugis dan
pemerintah colonial belanda di Indonesia.
·
Pengumpulan data dan
verifikasi (Menanya, mengumpulkan informasi)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang kebijakan portugis dan pemerintah colonial belanda di
Indonesia.
·
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai kebijakan portugis dan pemerintah colonial belanda
di Indonesia melalui bacaan, internet, dan sumber-sumber lainnya.
·
Pengumpulan data melalui
eksperimen ( Menalar)
·
Guru
memantau dan memberikan referensi kepada peserta didik dalam mengumpulkan
informasi tentang kebijakan portugis dan pemerintah colonial belanda di
Indonesia.
·
Peserta didik menyajikan secara tertulis hasil analisis dan
kesimpulan tentang kebijakan portugis
dan pemerintah colonial belanda di Indonesia.
·
Pengorganisasian dan
formulasi eksplanasi (menalar)
·
Guru
memberikan motivasi agar siswa punya semangat dalam mengatasi permasalahan
tentang kebijakan portugis dan pemerintah colonial belanda di indonesia.
·
Peserta
didik Menganalisis informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau
internet serta sumber lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kebijakan portugis dan
pemerintah colonial belanda di Indonesia.
·
Peserta
didik melaporkan hasil analisis yang telah dilakukan selanjutnya dibuat
laporan dalam bentuk tulisan tentang kebijakan portugis dan pemerintah
colonial belanda di Indonesia.
|
70 menit
|
|
Penutup
|
·
Siswa diminta menyimpulkan tentang berbagai kebijakan pemerintah colonial yang memicu
perlawanan local.
·
Guru memberi penguatan terhadap materi yang telah disamapikan.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan PR dan menginformasikan
materi pertemuan selanjutnya dan pesan untuk tetap belajar.
|
10.Menit
|
|
H.
Penilaian
·
Teknik dan Bentuk Penilaian
No.
|
Ranah Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Observasi
|
Daftar
Skala Penilaian
|
2.
|
Pengetahuan
|
||
4.3. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Mensuplai
jawaban (isian/melengkapi)
|
|
3.
|
Keterampilan
|
||
Menulis sejarah tentang berbagai kebijakan pemerintah colonial
belanda yang memicu perlawanan local
|
Unjuk kerja
|
Daftar
Skala ( 1 - 4 )
|
- Penilaian Sikap
Instrumen
dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Responsif
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Nilai Akhir
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
RUBRIK PENSKORAN SIKAP
Keterangan :
4 = jika
empat indikator terlihat
3 = jika
tiga indikator terlihat
2 = jika
dua indikator terlihat
1 = jika
satu indikator terlihat
Rubrik
penilaian Sikap Responsif :
1.Tertib mengikuti instruksi
2.Mengerjakan
tugas tepat waktu
3.Tidak melakukan
kegiatan yang tidak diminta
4.Tidak membuat
kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Rubrik
penilaian Sikap Jujur :
1. Tidak menyontek dalam
mengerjakan ulangan
2. Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
3. Mengemukakan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
4. Mengakui kesalahan atau kekurangan
yang dimiliki
Rubrik penilaian Tanggung Jawab :
1.Melaksanakan
tugas individu dengan baik
2.Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
3.Mengembalikan barang yang dipinjam
4.Meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan
Rumus
Konversi Nilai,
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Kategori nilai sikap :
· Sangat
baik apabila memperoleh nilai akhir 4
· Baik
apabila memperoleh nilai akhir 3
· Cukup
apabila memperoleh nilai akhir 2
· Kurang
apabila memperoleh nilai akhir 1
- Penilaian Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
3.1.Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang untuk
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1. Menganalisis berbagai
kebijakan pemerintah belanda sehingga menimbulkan perlawanan local
3.1.2.
Menganalisis kebijakan yang dilakukan portugis di
malaka
3.1.3.
Menganalisis kebijakan VOC dan pemerintah kolonial
belanda
|
1.Siswa dapat menuliskan tahun
berapa portugis menguasai malaka
2.Siswa dapat menuliskan 2
pengaruh besar kehadiran portugis terhadap nusantara
3.Siswa
dapat menuliskan kebijakan voc dan pemerintah colonial belanda di Indonesia
|
Tes Tertulis
|
1.
Tuliskan tahun berapa portugis menguasai malaka?
2.
Tuliskan 2 pengaruh besar kehadiran portugis
terhadap nusantara?
3.
Tuliskan kebijakan-kebijakan voc dan colonial
belanda di Indonesia?
|
.
KUNCI JAWABAN :
1.
Portugis menguasai malaka tahun 1511
2.
Pengaruhnya adalah: memonopoli perdagangan
rempah-rempah dan penyebaran agama Kristen
3.
Kebijakan2nya adalah :
a. Monopoli
perdagangan rempah-rempah
b. Campur
tangan terhadap masalah internal kerajaan
c.
Ekspansi wilayah demi melancarkan kebijakan pintu
terbuka
d. Arogansi
belanda terhadap kerajaan pribumi
e. Adanya
praktik diskriminasi terhadap penduduk pribumi
f.
Penderitaan rakyat akibat system tanam paksa,
kebijakan pintu terbuka serta politik
etis.
Instrumen dan Rubrik Penilaian
Pengetahuan
Rubrik Penyajian masa kekuasaan
belanda kedua (1816-1942)
No
|
Nama Siswa/
Kelompok
|
Portugis
menguasai malak pada tahun berapa
|
Pengaruh
kehadiran portugis di nusantara
|
Kebijakan2
voc dan pemerintah colonial belanda di indonesia
|
|||||||
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
2
3
4
5
|
Keterangan.
a.berbagai
kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan lokal.
b. Indikator penilaian pengetahuan
1). Portugis menguasai malaka
a). Jika menjawab 1 tahun yang benar portugis
menguasai malaka dengan benar skor 1
b). Jika salah jawabannya skor 0
2). Pengaruh kehadiran portugis terhadap nusantara
a). Jika menjawab 2 pengaruh kehadiran portugis
terhadap nusantara dengan benar skor 2
b). Jika menjawab 1 pengaruh kehadiran portugis
terhadap nusantara dengan benar skor 1
c). Jika salah jawabannya skor 0
3). Kebijakan-kebijakan voc dan pemerintah
colonial belanda di indonesia
a). jika
menjawab 7 kebijakan2 voc dan belanda di Indonesia dengan benar skor 7
b). jika menjawab 6 kebijakan2 voc dan belanda di
Indonesia dengan benar skor 6
c). jika
menjawab 5 kebijakan2 voc dan belanda di Indonesia dengan benar skor 5
d). jika menjawab 4 kebijakan2 voc dan belanda di
Indonesia dengan benar skor 4
e). jika menjawab 3 kebijakan2 voc dan belanda di
Indonesia dengan benar skor 3
f). jika
menjawab 2 kebijakan2 voc dan belanda di Indonesia dengan benar skor 2
g). jika menjawab 1 kebijakan2 voc dan belanda di
Indonesia dengan benar skor 1
h). jika salah jawabannya
skor 0
Rumus
Konversi Nilai :
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
- Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan pada KD
yang dipelajari pada bahasan ini menekankan pada saat Siswa menampilkan karya tulis yang
dibuat tentang kebijakan
pemerintah colonial belanda yang memicu perlawanan lokal
Penilaian
Keterampilan.
Keterangan:
Indikator penilaian keterampilan
A).Akurasi
1). Artikel yang dibuat sesuai secara teori,
menarik, dan runtut skor 4
2). Artikel yang dibuat sesuai teori,
menarik, tetapi tidak runtut skor 3
3). Artikel
yang dibuat sesuai secara teori, tetapi kurang menarik dan tidak runtut skor 2
4). Artikel yang dibuat kurang sesuai secara teori,
kurang menarik dan tidak runtut skor 1
B).Kedalaman
1).Artikel memuat berbagai
kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji secara
mendalam skor 4
2).Artikel memuat berbagai kebijakan
pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji cukup mendalam skor 3
3).Artikel memuat berbagai kebijakan
pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji kurang cukup mendalam
skor 2
4).Artikel memuat berbagai kebijakan
pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji tidak mendalam skor 1
C).Keluasan
1).Artikel
memua berbagai kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji
secara luas skor 4
2).Artikel
memuat berbagai kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji
cukup luas skor 3
3).Artikel
memuat berbagai kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji
kurang luas skor 2
4).Artikel
memuat berbagai kebijakan pemerintah colonial yang memicu perlawanan local dikaji tidak luas skor 1
Rumus Konversi Nilai:
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Mengetahui Lahat,
Agustus 2015
a.n.
Kepala SMK N. 1 Lahat
Guru mata pelajaran
Wakil Bidang
Kurikulum
Panyahuti,
S.Pd Nili Lidiah, S.Pd
NIP.197101022007011010 NIP.198106302014082001
artikel yang bagus gan, sangat bermanfaat...
ReplyDeleteGPS Tracker
Web Designer